Ngamumule Budaya Sunda

Objek Wisata Gunung Papandayan Garut - Jawa Barat

Gunung Papandayan Garut
Gunung Papandayan adalah gunung api strato, yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.665 mdpl ini terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Di Gunung Papandayan terdapat beberapa kawah yang terkenal diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak dan Kawah Manuk. Kawah - kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Gunung Papandayan Garuut
Topografi
Gunung Papandayan termaasuk dalam kawasan curam, berbukit, dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal yang sekitarnya masih hijau dan asri. Gunung ini memiliki curah hujan rata - rata 3.000mm/tahun, kelembaban udara sekitar 70 - 80% dan temperatur 10ยบ C.

Apa saja yang ada di Gunung Papandayan?
Banyak spot yang menarik untuk dikunjungi para pendaki disini, berikut adalah ulasan tentang tempat - tempat yang menarik di Gunung Papandayan :

1. Kawah Papandayan
Dari Camp David atau biasa disebut Pos 1, anda akan melewati kawah papandayan, sebaiknya anda menggunakan masker karena baunya cukup menyengat. Disini anda bisa menikmati pemandangan suasana kawah sambil berfoto.

2. Pondok Salada
Begitu tiba di ujung kawah, anda akan menemukan trek yang menurun dan dilanjutkan dengan menyebrangi sungai. Perjalanan masih berlanjut sampai pertigaan Geberhut, anda harus melapor kepada petugas begitu sampai di sini. Sekitar 20 menit dari Geberhut, anda akan sampai di pondok saladah yang biasanya dijadikan tempat mendirikan tenda untuk beristirahat.

3. Hutan Mati
Hutan mati adalah kawasan pepohonan yang sudah mati dan menghitam. Disebut hutan mati karena terkena letusaan di tahun 2002, tanah di kawasan ini berwarna putih dan mengandung belerang.

4. Tegal Alun
Tegal Alun sering juga disebut Padang Edelweis, sebutan itu karena disini anda bisa menikmati pemandangan bunga edelweis yang cukup banyak dan indah. Cocok untuk spot berfoto bersama kawan atau pasangan anda.

Demikian ulasan tentang Objek Wisata Gunung Papandayan Garut, anda bisa lihat beberapa Objek Wisata Yang ada di Jawa Barat di sini

Silakan Share ke media sosial :
 
-->