Ngamumule Budaya Sunda

Curug Tujuh Panjalu Ciamis (Curug Cibolang Panjalu)

Curug Tujuh Cibolang Panjalu Ciamis

Curug Cibolang atau lebih populer dengan nama Curug Tujuh adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Ciamis, Jawa Barat. Sesuai namanya, destinasi ini merupakan air terjun yang memiliki 7 tingkatan yaitu Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh. Curug Satu menjadi tempat favorit karena letaknya paling dekat dari pintu masuk. Untuk menuju curug dua, pengunjung tinggal berjalan kaki sejauh 1 km. Begitu pula ketika ingin mengunjungi curug empat, tiga dan juga lima. Sementara curug enam dan tujuh tidak terlalu besar letaknya cukup jauh dan medan yang terjal sehingga hanya sebagian kecil pengunjung yang bisa mengunjungi curug terakhir ini.

Curug Tujuh Panjalu

Lokasi Curug Tujuh Cibolang Ciamis

Curug Tujuh Panjalu Ciamis beradari Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Ciamis letaknya berada di kaki Gunung Sawal berjarak Sekitar 35 km dari pusat Kota Ciamis ke arah utara. Curug Tujuh Ciamis berada pada ketinggian antara 800 sampai 900 meter di atas permukaan laut dengan kondisi berbukit dan suhu udara diana rata-rata 17 - 18 derajat Celcius.

Harga Tiket Masuk Curug Tujuh

Sebelum masuk, pengunjung bisa menitipkan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil diluar pintu masuk dengan membayar sekitar 5 ribu rupiah. Untuk tiket masuknya sendiri cukup merogoh kocek sekitar 15 ribu rupiah di hari hari biasa, harga tiket masuk tersebut bisa berubah sewaktu waktu. Setelah masuk, sepanjang perjalanan menuju curug pertama akan banyak warung yang menjual makanan dan minuman. Disini juga ada tempat camping cocok untuk yang suka berpetualang.

Apa Saja Yang Ada di Curug Tujuh Panjalu?

Objek wisata alam satu ini menyuguhkan pemandangan yang asri dan bisa menikmati udara segar dari pepohonan disekitar. Di sini pengunjung dibolehkan berenang tetapi harus tetap menjaga kelestarian alam. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk jalan karena lokasi ke tujuh curug yang berbeda-beda karena seperti yang disebutkan di atas bahwa untuk menuju curug satu dan lainnya memiliki medan yang terjal dan cukup melelahkan.

Yang menjadi daya tarik tempat wisata ini adalah keindahan disetiap curugnya, konon di antara curug tersebut mengalirkan air yang berkhasiat menyembuhkan penyakit seperti penyakit kulit, encok, rematik dan pegal linu. Lebih istimewanya lagu air disini tidak pernah surut meskipun saat musim kemarau.

Silakan Share ke media sosial :
 
-->