Ngamumule Budaya Sunda

Inilah Daftar Nama Gunung dan Gunung Berapi di Jawa Barat

Gunung dan Gunung Berapi di Jawa Barat


Topografi dan Geografi Jawa Barat
Baraya Pasundan - Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki topografi yang beragam, jika didaerah sebelah utara terdiri dari dataran rendah, disebelah selatan kita bisa lihat daerah berbukit bukit dengan pantar dan di tengah didominasi dengan dataran tinggi yang membentuk pegunungan. Daerah Jawa Barat terletak pada jalur Circum Pacific dan mediteran, sehingga daerahnya termasuk daerah labil yang ditandai dengan masih banyaknya gunung berapi yang masih aktif bekerja dan sering terjadi gempa Bumi. Berikut ulasan tentang Nama Nama Gunung di Jawa Barat.

Lihat Juga : Flora dan Fauna Yang Hanya ada di Jawa Barat

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut yang memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Gunung Papandayan memiliki kawah yang beragam, diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk dengan mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Daya tarik Wisata Beberapa lokasi yang menarik dan sering dikunjungi wisatawan, baca selengkapnya Objek Wisata Gunung Papandayan disini.

Datar Nama Gunung di Jawa Barat
Pegunungan Indah di Jawa Barat

Gunung Pangrango
Gunung Pangrango merupakan gunung yang mempunyai ketinggian 3.019 mdpl dengan puncaknya bernama Puncak Mandalawangi dan terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede. Puncak Mandalawangi terebut menjadi titik batas pertemuan antara Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Gunung Pangrango ini menempati posisi kedua sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai.

Gunung Gede
Gunung Gede memiliki ketinggian 1.000 - 3.000 mdpl dan masih dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Pangrango. Gunung Gede berada di wilayah Kabupaten Bogor, Ciannjur dan Sukabumi. Gunung Gede juga memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari formasi-formasi hutan submontana, montana, subalpin serta ekosistem danau, rawa, dan savana. Gunung Gede terkenal kaya akan berbagai jenis burung yaitu sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa. Beberapa jenis di antaranya merupakan burung langka yaitu elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan celepuk jawa (Otus angelinae).

Gunung Ceremai
Gunung Ceremai atau masyarakat sering menyebutnya Ciremai ini berada di wilayah dua kabupaten yaitu Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Nama Gunung Ceremai ini berasal dari kata Cereme, yakni sejenis tumbuhan perdu berbuah kecil yang memiliki rasa masam. Gunung Berapi Ciremai ini memiliki bentuk kerucut dengan ketinggian 3.078mdpl dan menjadikannya gunung tertinggi di Jawa Barat. Hutan-hutan yang masih alami di Gunung Ceremai tinggal lagi di bagian atas. Di sebelah bawah, terutama di wilayah yang pada masa lalu dikelola sebagai kawasan hutan produksi Perum Perhutani, hutan-hutan ini telah diubah menjadi hutan pinus (Pinus merkusii), atau semak belukar, yang terbentuk akibat kebakaran berulang-ulang dan penggembalaan. Kini, sebagian besar hutan-hutan di bawah ketinggian dikelola dalam bentuk wanatani (agroforest) oleh masyarakat setempat.

Gunung Cikuray
Gunung Cikuray (Cikurai) terletak di Dayeuh Manggung, Kabupaten Garut yang memiliki ketinggian 2.821 mdpl. Gunung Cikuray ini menjadi tempat favorit untuk para pendaki karena pemandangannya yang indah. Dengan menggunakan angkutan kota menuju jalur pendakian yaitu Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung dengan menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur Bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak.

Gunung Patuha
Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang memiliki ketinggian 2.434 mdpl. Gunung Patuha mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Malabar
Gunung Malabar merupakan sebuah gunung api yang terdapat di Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan titik tertinggi 2,343 meter di atas permukaan laut. Malabar merupakan salah satu puncak yang dimiliki Pegunungan Malabar. Beberapa puncak yang lain adalah Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman. Gunung Malabar mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montana, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung Malabar identik dengan perkebunan teh yang didirikan oleh Bosscha.

Gunung Guntur
Gunung Guntur adalah sebuah gunung berapi bertipe stratovolcano yang terdapat di Sirnajaya, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Gunung Guntur sendiri mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Salak
Gunung Salak merupakan kompleks gunung berapi yang terletak di selatan Jakarta, di Pulau Jawa. Kawasan rangkaian gunung ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Gunung Salak merupakan gunung api strato tipe A. Puncak tertinggi (Puncak Salak I) menurut Hartmann (1938) adalah puncak berusia tertua. Puncak Salak II berketinggian 2.180 m dpl. dianggap yang tertua kedua. Selanjutnya muncul Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl. Terdapat sejumlah kawah aktif yang tidak berasa di puncak. Kawah terbesar, Kawah Ratu, merupakan kawah termuda. Kawah Cikuluwung Putri dan Kawah Hirup merupakan bagian dari sistem Kawah Ratu.

Gunung Wayang
Gunung Wayang merupakan gunung berapi kembar yang terdiri dari Gunung Wayang dan Gunung Windu. Terletak di sebelah timur Pangalengan di Kabupaten Bandung di Jawa Barat, Indonesia, sekitar 40 km sebelah selatan dari Kota Bandung. Daerah ini telah menjadi proyek panas bumi aktif. Gunung Wayang memiliki kawah bulan sabit dengan 750 m yang memegang empat kelompok fumarol. Gunung Windu memiliki kawah dengan lebar 350 meter.

Gunung Galunggung
Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Untuk mencapai puncak Galunggung, dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga. Di wilayah ini terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain objek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Lihat selengkapnya tentang Objek Wisata Gunung Galunggung disini.

Gunung Tangkuban Perahu
Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Lihat selengkapnya tentang :
Legenda Gunung Tangkuban Perahu
Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Burangrang
Gunung Burangrang merupakan sebuah gunung api mati yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Burangrang mempunyai ketinggian setinggi 2.064 meter. Gunung ini merupakan salah-satu sisa dari hasil letusan besar Gunung Sunda di Zaman Prasejarah. Gunung Burangrang bersebelahan dengan Gunung Sunda. Gunung Burangrang mempunyai kawasan hutan Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous|Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Sawal
Suaka Margasatwa Gunung Sawal merupakan kawasan hutan gunung yang berada di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Wilayahnya masuk meliputi kecamatan Panjalu, Cipaku, Kawali, Sadananya, Cikoneng, Sindangkasih, Cihaurbeuti, dan Panumbangan. Pegunungan indah ini menjadi ikon Ciamis, terbukti dengan dijadikannya Gunung Sawal sebagai latar dari logo Kabupaten Ciamis. Lihat Selengkapnya tentang Objek Wisata Gunung Sawal Ciamis disini

Demikian ulasan tentang Beberapa Nama Gunung dan Gunung Berapi di Jawa Barat, masih banyak lagi Gunung Gunung di Jawa Barat yang belum dibahas. Terimakasih untuk mengunjungi Blog Baraya Pasundan, sebuah wadah untuk mempelajari dan mencari informasi menarik seputar Jawa Barat.
Sumber : Wikipedia
Silakan Share ke media sosial :
 
-->