Ngamumule Budaya Sunda

Tempat - Tempat Wisata di Indramayu - Jawa Barat

Kabupaten Indramayu
Indramayu merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat. Mungkin Indramayu tak sepopuler beberapa kota atau daerah tujuan wisata seperti Bandung, Bogor, Garut atau kota lain di Jawa Barat. Tapi Kabupaten Indramayu memiliki banyak sekali potensi wisata yang menjadikannya layak untuk dikunjungi seperti pantai, situ dan pulau hingga wisata sejarah. Berikut adalah beberapa Tempat Wisata di Indramayu yang wajib anda kunjungi

Objek Wisata di Indramayu
1. Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya terdapat di Desa Juntinyuat, Indramayu. pantai ini adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, selain sebagian pemandian yang aman, juga pemandangannya yang indah pada saat terbit dan terbenamnya matahari menjadi tempat yang wajib anda kunjungi di Indramayu.

2. Pulau Biawak
Pulau Biawak mempunyai luas 120 Ha terletak 40 km sebelah utara Indramayu yang dapat dijangkau dengan perahu nelayan. Pulau ini sebagai objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri. Pasir putih, tanaman bakau dan mangrove yang cukup banyak jenisnya. Koloni biawak dan menara mercusuar yang dibangun oleh ZN. Willem Pada Tahun 1872 ini mempunyai daya tarik histis. Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di Pulau Biawak ini adalah selam, mancing, snorkeling, dan wisata petualangan.

3. Pantai Glayem
terletak tidak jauh dari Pantai tirtamaya sekitar ± 3 KM yang sama terletak di Kecamatan Juntinyuat: merupakan wisata pantai yang terkenal dengan kuliner Hasil olahan ikannya, disamping itu Glayem juga ialah pertemuan muara pantai yang merupakan terdapatnya sandaran kapal-kapal nelayan dan terdapat tempat pelelangan ikan (TPI)

4. Pantai Balongan Indah
Pantai Balongan Indah terdapat di Kecamatan Balongan yang dekat disamping pantai RU VI Balongan: pantai tersebut memiliki daya tarik tersendiri selain sebagai wisata bahari, pantainya tersebut juga dapat terlihat lalu-lalang Kapal Tanker pembawa minyak milik Pertamina, terdapat kuliner laut dan penyewaan kapal untuk keliling sekitar pantai.

5. Situs Buyut Banjar
Disini merupakan petilasan Pangeran Surya Nagara. Disini Wovger bisa melakukan ziarah sekaligus membuktikan legenda monyet Banjar. Situs ini terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Disini ada sebuah legenda yang yang sangat populer dikalangan masyarakat sekitar mengenai monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih hanya 41 ekor.

6. Taman Cimanuk
Lokasi taman ini terdapat jalan veteran Indramayu atau tepat di belakang masjid agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo Indramayu. Selain itu, taman yang menjadi ikon baru kota Indramayu ini dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu yang disandarkan di tengah-tengah sungai. Sayangnya sampan ini hanya berupa hiasan tidak bisa digunakan untuk mengitari Sungai Cimanuk tersebut.

Demikian beberapa tempat Wisata di Indramayu, dan masih banyak lagi tempat - tempat wisata di Kabupaten Indramayu.
Silakan Share ke media sosial :
 
-->