Ngamumule Budaya Sunda

Objek Wisata Pantai Rancabuaya di Garut

Pantai Rancabuaya adalah salah satu objek wisata pantai di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Jawa barat. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Caringin, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Indralayang, Sebelah timur berbatasan dengan Desa Sinarjaya. Pantai yang memiliki batu-batu karang besar ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi serta adanya curug atau air terjun yang langsung menghadap ke pantai. Anda juga dapat berburu ikan, karena di sana banyak ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak.

Di tempat ini juga ada sebuah goa yang disebut Goa Lalai atau goa kelelawar, goa kelelawar ini berada di daratan seperti jurang yang menghadap langsung ke lautan. Di bawah goa ini ada karang yang dihinggapi banyak kelelawar, sesekali ombak membasahi karang-karang dalam goa itu. Goa ini terbilang berbahaya, karena bisa memakan jiwa. Jangan sekali-kali mencoba masuk atau turun ke Goa Kelelawar itu, karena jika terjatuh, anda akan terbawa ombak dan tersapu ombak tersebut ke lautan.

Pantai Rancabuaya Garut
Pantai Rancabuaya Garut


Kondisi Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya merupakan tipe pantai berbatu karang sehingga kurang cocok untuk berenang. Pantai Rancabuaya sendiri merupakan pantai pelabuhan sehingga anda bisa mendapatkan ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan ataupun dari warung di sekitar pantai. Status kepemilikan dari tanah di area pantai Rancabuaya adalah sebesar 70% merupakan tanah milik dan sisanya merupakan tanah desa. Pengelolaan wisata di area Pantai Rancabuaya dilakukan oleh kelompok penggerak pariwisata (kompepar) yang terdiri dari masyarakat setempat. Pantai Rancabuaya memang kurang promosi sehingga kurang begitu terkenal. Namun pantai ini memiliki potensi wisata yang cukup besar yaitu dengan adanya akses jalan yang cukup lancar dan mulus sehingga mudah dijangkau.


Pantai Rancabuaya memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut, curah hujan sebesar 1.200 mm/tahun dengan penyinaran matahari yang sedang dan kekuatan tiupan angin kecil. Perairan pantai berwarna biru, bau air normal, dan temperatur normal. Tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter, dan material dasar laut berupa pasir halus, batu karang, dan pasir kasar termasuk daerah sepanjang garis pantai. Kemiringan laut landai, serta ditumbuhi rumput laut dan gang gang hijau sebagai flora laut dominan. Sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan tuna dan ikan karang.

Daerah pesisir pantai ini landai dan memiliki material berupa pasir halus putih bersih, dengan panjang 1.000-2.000 dan lebar 100-200 m, serta tingkat abrasi yang kecil, sehingga stabilitas pantainya cukup baik. Flora dominan yang berada di tepi pantai adalah pohon kelapa dan pohon ketapang. Pantai Rancabuaya memiliki kualitas lingkungan dan kebersihan yang baik, dan hampir tidak terdapat berbagai bentuk pencemaran. Pantai ini memiliki visabilitas bebas dengan tingkat kebisingan yang rendah. Hal lain yang perlu diingat bahwa pantai ini masih alami dan jauh dari polusi.

Beberapa Fasilitas yang ada di Pantai Rancabuaya :
Tempat parkir yang cukup luas
Lesehan khas daerah pantai yang cukup banyak
Pondokan berupa penginapan dan villa yang dapat kita sewa
Terdapat saung-saung wisata yang dapat kita sewa
Akses jalan yang memadai serta fasilitas lainnya.

Lihat juga Objek Wisata yang ada di Garut lainnya di sini
Silakan Share ke media sosial :
 
-->