Ngamumule Budaya Sunda

Kuliner Khas Jawa Barat

Indonesia kaya akan kuliner dari Sabang sampai Merauke yang tiap daerahnya memiliki makanan atau kuliner khas yang berbeda beda, di pulau jawa khususnya Jawa Barat juga memiliki kuliner yang cukup populer dari setiap daerah, apasajakah makanan - makanan tersebut? berikut Daftar Kuliner Khas Jawa Barat yang populer dan lezat.

1. Lotek
Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.

lotek sunda
Lotek
2. Empal Gentong
Empal gentong adalah makanan khas Jawa Barat tepatnya berasal dari daerah Cirebon. Dinamakan empal gentong karena tempat untuk menaruh kuah adalah sejenis kuali dan lebih terkenal dengan nama gentong, oleh karena itu dinamakan empal gentong. Jika dilihat sepintas, empal gentong mirip dengan gule. Untuk cita rasa alami, proses memasaknya menggunakan kayu bakar terutama kayu pohon mangga menggunakan gentong tadi. Rasanya sangat lezat, karena bahan utama empal gentong adalah daging sapi, usus dan babat. Ciri pedas khas jawa barat adalah sambalnya. Untuk menikmati empal gentong bisa dengan nasi atau juga lontong.

empal gentong
Empal Gentong
3. Sega Lengko
Sega lengko atau nasi lengko adalah makanan khas Jawa Barat khususnya masyarakat pantura seperti Cirebon dan Indramayu. Masakan khas daerah Jawa Barat ini kaya dengan protein, serat dan rendah kalori. Yang lebih baik lagi adalah non hewan, jadi untuk anda yang vegetarian, sega lengko mungkin cocok. Bahan-bahan untuk membuat sega lengko diantaranya yaitu nasi putih yang disajikan panas-panas lebih baik, tahu goreng, tempe goreng, mentimun mentah yang segar dan dicacah, daun kucai dipotong kecil-kecil, tauge yang direbus, bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak), dan kecap manis encer.

Add caption

4. Combro
Makanan ini kadang disebut juga comro atau gemet merupakan makanan khasdari Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda),artinya oncom di dalam, begitu juga halnya dengan gemet merupakan
kependekan dari dage saemet artinya dage di dalam yang artinya kurang lebih sama. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat dan disajikan dengan segelas kopi atau teh hangat.

5. Hayam Bakakak
Bagi yang baru mendengar nama makanan khas Jawa Barat Hayam Bukakak, artinya adalah masakan berbahan dasar ayam yang dibumbui khusus khas Sunda dan proses memasaknya dengan cara dipanggang. Kalau biasanya ayam panggang disajikan dalam bentuk dipotong-potong. Hayam Bukakak yang dimasak adalah ayam utuh, hanya dibuang bagian jeroannya saja, jadi untuk menikmatinya perlu beberapa orang untuk menghabiskannya. Sambelnya yang khas sekali dengan Jawa Barat, bisa dengan sambal merah atau dengan sambal hijau (sambal beledug).

6. Galendo Ciamis
Makanan asli Ciamis ini terbuat dari ampas kelapa yang dimasak. Kelapa yang telah diparut, kemudian diperas, lalu diambil santannya. Setelah itu, santan direbus selama kurang lebih empat jam hingga airnya habis. Setelah airnya habis dan menggumpal, gumpalannya tersebut diperas. Nah, perasannya ini yang kemudian menjadi Galendo dan minyak. Saat ini, Galendo sudah dikemas dengan kemasan yang menarik dan rasa yang bervariasi, seperti rasa coklat, pisang, strawberry, dan susu. Harganya tidak terlalu mahal dan cukup bervariasi tergantung besar kecilnya dan kualitas dari Galendo itu sendiri.

7. Batagor dan Siomay
Batagor dan siomay sudah sangat membahana bukan hanya untuk kalangan anak sekolahan saja, sampai dengan hotel dan restoran terkenal pun menjadi batagor sebagai sajian utama mereka. Dan yang paling menarik, batagor dan siomay adalah salah satu dari makanan khas Jawa Barat, asalnya dari Bandung. Batagor bukan nama sebenarnya karena batagor adalah nama singkatan dari bakso tahu goreng. Batagor terbuat dari tahu yang telah dilembutkan dan diisi adonan berbahan dasar ikan tenggiri dan dicampur dengan tepung tapioka selanjutnya dibentuk bola dan digoreng dalam minyak panas sampai matang. Siomay hampir sama dengan batagor, sama berbahan dasar ikan tengiri namun cara memasaknya adalah dengan dikukus. Siomay bisa juga digoreng untuk variasi lain. Batagor dan siomay disajikan menggunakan sambal kacang ditambah kecap dan saos.

8. Cireng (Aci digoreng)
Seperti halnya batagor, cireng juga singkatan dari Aci goreng atau aci digoreng, itu mungkin yang menjadi ciri satu lagi makanan khas Jawa Barat dalam penamaannya disingkat. Seperti namanya aci digoreng, cireng terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui kemudian digoreng. Bahan untuk membuatnya seperti tepung tapioka, tepung terigu, air, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawangm kedelai, dan minyak goreng. Sekarang sudah sangat banyak macam dan rasa dari cireng. Kalau dulu cireng hanya 1 warna dan rasa, saat ini sudah bermacam-macam, ada rasa daging ayam, sapi, baso, sosis, hingga keju dan juga ayam teriyaki.

Sekian ulasan tentang kuliner khas Jawa Barat, dan masih banyak lagi makanan - makanan lainnya yang ada di tanah sunda.  
Silakan Share ke media sosial :
 
-->