Ngamumule Budaya Sunda

Daftar Tempat Wisata Terpopuler di Cirebon - Jawa Barat

Cirebon merupakan sebuah wilayah yang berada di Propinsi Jawa Barat dan terletak pesisir utara jawa. Cirebon dikenal dengan nama Kota Udang dan Kota Wali. Selain itu kota Cirebon disebut juga sebagai Caruban Nagari (penanda gunung Ceremai) dan Grage (Negeri Gede dalam bahasa Cirebon berarti kerajaan yang luas). Sebagai daerah pertemuan budaya antara Suku Jawa, Suku Sunda, Bangsa Arab,Bangsa China dan para pendatang dari Eropa sejak beberapa abad silam, masyarakat Cirebon dalam berbahasa biasa menyerap kosakata bahasa-bahasa tersebut kedalam bahasa Cirebon. Untuk kesempatan kali ini akan membahas tentang tempat - tempat wisata yang ada di Cirebon, berikut Daftar Tempat Wisata di Cirebon, Jawa Barat.

1. Desa Wisata Cikalahang
Di desa wisata ini, hobi memancing dan wisata kuliner Anda akan terpenuhi. Cikalahang merupakan sebuah tempat wisata di Cirebon yang menjadi tujuan favorit keluarga. Ada banyak rumah makan dengan menu ikan bakar istimewa. Tak hanya itu, Anda juga bisa memancing sendiri ikan di kolam-kolam yang telah disediakan sehingga ikan dijamin masih dalam kondisi segar saat dimasak. Desa Wisata Cikalahang berada di Kecamatan Dukupuntang.

Desa Wisata Cikalahang
Desa Wisata Cikalahang - Cirebon
2. Situ Sedong
Situ Sedong memang belum banyak diketahui oleh para wisatawan tapi tempat ini layak sebagai tujuan wisata Anda. Salah satu dari beberapa tempat wisata alam di Cirebon ini memberikan suasana santai untuk Anda yang ingin berwisata dengan keluarga. Suana sejuk dan alam yang masih hijau memberi Anda kenyamanan dalam menikmati waktu berwisata. Nuansa semakin indah jika Anda mengunjungi tempat ini sewaktu sore hari agar bisa menikmati kecantikan matahari terbenam. Lokasi wisata Situ Sedong berada di kecamatan Sedong.

3. Banyu Panas Paliman
Tempat wisata ini menyuguhkan pemandian air panas. Air yang terdapat di wisata alam ini berasal dari gunung Kromong yang mengandung belarang. Banyu Panas Paliman ini sering digunakan orang untuk mengobati penyakit kulit. Jika Anda ingin berkunjung ke Banyu Panas Paliman, lokasinya ada di kecamatan Paliman.

4. Taman Ade Irma Suryani Nasution
Taman Ade Irma Suryani Nasution merupakan taman rekreasi terbesar di Cirebon. Pada awalnya, taman ini bernama Traffic Garden Cirebon dan menjadi tempat wisata di Cirebon yang paling banyak dikunjungi. Pada tahun 1966, taman ini berubah nama menjadi Taman Ade Irma Nasution.

Tempat wisata ini cocok sekali dikunjungi bersama keluarga. Di sini, ada tempat bermain anak dan kebun binatang mini. Karena lokasinya yang berdekatan dengan pelabuhan Cirebon, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai. Selain itu, ada pertunjukan musik dan seni yang rutin diadakan setiap hari Minggu dan hari libur nasional di panggung yang telah disediakan.

5. Taman Sari Gua Sunyaragi
Tempat wisata ini berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Nama taman ini berasal dari dua kata bahasa Sansekerta yaitu ‘sunya’ yang berarti sepi dan ‘ragi’ yang berarti raga. Lokasi ini dahulu memang digunakan oleh raja dan keluarganya sebagai tempat mencari ketenangan.

Ada dua bangunan utama yaitu pesanggrahan dan gua. Di dalam pesanggrahan terdapat beberapa ruangan seperti ruang tidur dan ruang rias. Yang menarik adalah bangunan gua yang dari luar terlihat seperti candi. Bagian dalamnya menyerupai gua karena ada banyak lorong dan berbentuk mirip labirin. Selain rindangnya pepohonan untuk beristirahat, di sekitar tempat wisata ini terdapat banyak saung kecil yang menjual makanan dan suvenir khas Cirebon.

6. Taman Kera Plangon
Seperti namanya, di tempat wisata Cirebon ini Anda akan mendapati kera-kera bergelantungan di area taman. Ada mitos yang beredar bahwa jumlah kera yang hidup di sini, sejak dulu tidak pernah berkurang karena mati atau bertambah karena melahirkan. Taman Kera Plangon terletak di desa Babakan, kecamatan Sumber.

7. Keraton Kanoman
Keraton Kanoman berjarak hanya sekitar 600 meter dari Keraton Kasepuhan. Keraton ini dibangun oleh Sultan Badaruddin pada tahun 1588 karena terjadi perselisihan tentang siapa pewaris keraton. Dari Keraton Kasepuhan ke Keraton Kanoman, Anda akan melewati pasar tradisional yang menjual berbagai macam suvenir khas Cirebon sehingga bisa memudahkan Anda untuk membeli oleh-oleh.

Di sini, Anda bisa masuk museum yang di dalamnya terdapat banyak benda peninggalan bersejarah seperti piring-piring antik dari Eropa yang merupakan koleksi sultan dahulu. Selain itu, keraton ini masih menjadi tempat tinggal keturunan ke-12 kesultanan yaitu Raja Muhammad Emiruddin dan keluarganya.

Keraton Kanoman
Keraton Kanoman
8. Pantai Kejawanan
Pemandangan alam yang ada di pantai Kejawanan terbilang belum banyak diketahui oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik atau asing. Tempat ini sebenarnya cukup layak untuk dijadikan tempat wisata karena di sini Anda bisa menikmati keindahan senja pada sore hari. Tempat ini lebih dikenal sebagai tempat untuk pengobatan alternatif daripada sebagai tempat tujuan wisata. Jika Anda ingin berkunjung ke wahana ini, lokasinya berada di kawasan Jalan Yos Sudarso kota Cirebon dekat dengan Pelabuhan.

9. Ciwaringin
Satu lagi lokasi rekreasi alam di Cirebon yang tidak boleh dilewatkan, anawisata Ciwaringin. Lokasinya ada di Desa Ciwaringin. Di kawasan hutan rekreasi ini banyak terdapat kayu putih. Bagi kamu yg suka dengan aktivitas memancing bisa memancing di Danau Ciranca. Di lokasi ini juga tersedia arena motor cross. Tidak heran bila kawasan Wanawisata Ciwaringin selalu ramai dikunjungi oleh para turis dari berbagai kota. Bagi anda yg menginginkan suasana yg asri, pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, disinilah tempatnya.

10. Bukit Gronggong tempat paling Romantis
Waktu/saat malam hari tiba, jangan lupa untuk mengunjungi tempat paling romantis di Cirebon, yaitu bukit Gronggong. Bukit ini menjadi salah satu tempat untuk makan yang sangat digemari sebab suasananya yg sangat romantis. Lokasinya berada di tengah jalur antara Cirebon dengan Kuningan. Tempat rekreasi romantis bagi kalangan muda ini sering dikunjungi di sore hari menjelang malam demi melihat keindahan lampu-lampu kota Cirebon dari atas bukit.

Demikian ulasan dari Daftar Tempat Wisata Terpopuler di Cirebon, and juga bisa lihat Objek Wisata di Jawa Barat lainnya di sini.
Silakan Share ke media sosial :
 
-->