Ngamumule Budaya Sunda

Objek Wisata Candi Cangkuang Garut

Candi Cangkuang merupakan salah satu objek wisata yang ada di Garut, Jawa Barat. Objek wisata ini terletak di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Tempat ini terletak di tengah situ atau danau di Cangkuang, yang juga terdapat kampung adat yaitu Kampung Pulo. Untuk Sampai ke tempat ini anda dapat menggunakan jasa penyebrangan rakit yang tersedia di sana dan mampu menampung cukup banyak orang. Untuk akses perjalanan yang di lewati menuju lokasi objek wisata budaya ini, anda dapat melalui jalur nagrek hingga ke kota garut. Setelah sampai di leles sebelum alun-alun garut anda tinggal belok kiri ke arah desa cangkuang.

Objek Wisata Candi Cangkuang Garut
Objek Wisata Candi Cangkuang Garut
Selain dapat menikmati keindahan alam sekitar yang masih cukup asri, anda juga bisa berkunjung ke Kampung Pulo, dimana kampung ini merupakan kampung budaya yang masih menjaga adat budaya setempat yang letaknya persis di pinggir candi cangkuang. Anda juga bisa berkunjung ke Museum Cangkuang untuk memperluas wawasan anda tentang sejarah pemugaran candi cangkuang dan benda - benda peninggalan zaman Hindu dan Islam. Di museum ini terdapat barang-barang antik dan ada juga kitab kuno yang berjumlah 12, terdapat ayat-ayat suci al-quraan dari kulit kayu. Dan selain itu juga di museum ini terdapat buku sejarah yang menceritakan asal usul berdirinya candi cangkuang ini.

Meskipun berasal dari masa Hindu, di sekitar candi cukup banyak terdapat peninggalan masa Islam awal di Jawa Barat. Di sana juga ada makam Eyang Embah Dalem Arif Muhammad yang terletak di pinggir dekat candi. Eyang Embah Dalem Arif Muhammad adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di Jawa Barat, penduduk sekitar situ cangkuang menganggap mereka adalah keturunan dari Eyang Embah Arif Muhammad.

Harga Tiket Masuk Kawasan Candi Cangkuang
Tarif tiket masuk ke kawasan tempat Wisata Candi Cangkuang Garut adalah Rp. 7.500 / orang akan tetapi bagi rombongan wisatawan yang memakai bus biayanya cukup membengkak karena ada pengawalan dan tiket naik rakit penyebrangan ke lokasi Candi Cangkuang Garut. Bagi teman-teman agen travel ataupun panitia rombongan wisatawan amannya harga wisata Candi Cangkuang Garut kurang lebih 25 - 30 ribu / orang sudah include Tiket Masuk, Biaya naik rakit penyebrangan, pengawalan dan biaya membayar Guide lokal di sekitar lokasi wisata di tempat tersebut.

Silakan Share ke media sosial :
 
-->