Ngamumule Budaya Sunda

Objek Wisata Kampung Budaya Sindangbarang Bogor - Jawa Barat

Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor - Jawa Barat

Banyak Sekali kampung - kampung budaya yang ada di Jawa Barat, salah satunya Kampung Budaya Sindangbarang. Kampung ini terletak di Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor - Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 5 km dari Kota Bogor, berdasarkan sumber dari naskah Pantun Bogor serta Babad Pajajaran.

Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor - Jawa Barat

Sejarah Singkat Kampung Budaya Sindangbarang
Seperti tertuang dalam sumber Pantun Bogor dan Babat Pajajaran, Sindangbarang diyakini sudah ada sejak Kerajaan Sunda, kurang lebih di abad ke-12. Di Sindangbarang ini dulunya berdiri kerajaan bawahan Prabu Siliwangi dengan Kutabarang sebagai ibu kotanya.

Selain itu, Sindangbarang juga merupakan keraton tempat tinggal salah satu istri Prabu Siliwangi, Dewi Kentring Manik Mayang Sunda. Dan menurut cerita rakyat, di sinilah tempat dimana para satria kerajaan dilatih.

Oleh Karena Latar belakang kerajaan tersebut, kepala adat dan masyarakat sunda serta pemerintah Bogor berinisiatif melestarikan budaya mereka yang ditampung dalam wadah Kampung Budaya Sindangbarang.

Apasaja yang ada di Kampung Budaya Sindangbarang?
Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Kampung Budaya Sindangbarang yang bisa anda nikmati diantaranya sebagai berikut :
1. Alun - alun
Di Kampung ini terdapat sebuah lapangan yang cukup luas dan sering dipakai sebagai tempat untuk permainan tradisional ataupun untuk berolahraga. Cocok untuk anda yang ingin bernostalgia dengan aneka permainan tradisioinal yang sudah jarang dimainkan sekarang.

2. Tracking Area
Untuk anda yang tinggal di perKotaan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya macet, panas, polusi udara, dan lainnya yang bisa membuat stress. Di lokasi Tracking Area ini anda bisa menikmat suasana perjalanan dengan latar pedesaan tempo dulu yng masih asri.

3. Rumah Panengen dan Pangiwa
Untuk anda yang ingin sekali menikmati suasana pedesaan tempo dulu, di Kampung Budaya Sindangbarang sudah disediakan tujuh unit Rumah Panengan dan Pangiwa dengan fasilitas disetiap unitnya terdapat 2 kamar tidur, free teh atau kopi dan makanan ringan disore hari yang akan membuat anda betah untuk berlama - lama di sini.

Jika anda berkunjung dengan keluarga besar, ada juga rumah Pasanggrahan yang memiliki 4 kamar, kamar mandi yang sumber airnya diambil langsung dari sumber mata air di bukit sebelah selatan kampung ini.

4. Perpustakaan
Terdapat koleksi buku - buku yang berisikan tentang seni dan sejarah kebudayaan sunda dari waktu ke waktu.

5. Sanggar Seni
Selama mengisi waktu luang saat berwisata di Kampung Budaya Sindangbarang anda juga bisa mengikuti pelatihan tari, gamelan dan permainan anak tradisional selama di sini. Gratis pula.

6. Kesenian Sunda
Yang ingin melihat pertunjukan kesenian dan kebudayaan asli Sunda anda juga bisa melakukannya di Kampung Budaya. Ditambah pemandu wisata pastinya akan membuat anda semakin kenal dengan sejarah budaya sunda yang ada di Kampung Budaya Sindangbarang.

7. Ruang Diskusi
Yang ingin berdiskusi atau mengadakan meeting, ada juga ruang khusus yang diberi nama Bale Pangriungan yang artinya Tempat untuk berkumpul. Ada tambahan free internet juga di bale Pangriungan ini.

Itulah beberapa fasilitas yang tersedia di Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor - Jawa Barat. Demikian artikel ini dibuat mudah - mudahan bisa membantu anda yang ingin berlibur sambil mengenal budaya Sunda.
Silakan Share ke media sosial :
 
-->