Ngamumule Budaya Sunda

Pengertian Pupuh Sunda dan Contohnya

Apa itu Pupuh?
Pupuh berasal dari bahasa Sunda yaitu Pepeuh adalah bentuk puisi tradisional bahasa Sunda yang memiliki jumlah suku kata dan rima tertentu di setiap barisnya. Terdapat 17 jenis pupuh, masing-masing memiliki sifat tersendiri dan digunakan untuk tema cerita yang berbeda.

Pupuh adalah bait, aturan, lagu, tembang, puisi jawa lama, pola penyusunan syair dan aturan-aturan puisi jawa lama dalam menyusun syair yang dugunakan untuk lagu-lagu tembang. Pupuh terikat oleh guru wilangan dan guru lagu. Guru wilangan adalah patokan jumlah baris dari tiap bait serta jumlah suku kata/vokal dari tiap bait. Guru lagu adalah patokan suara vokal dari ujung tiap bait.


contoh pupuh sunda
Pupuh Sunda
Jenis Pupuh Sunda
Pupuh Sunda dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
  • Sekar ageung (pembagian lagunya macam-macam) contoh: Kinanti, Sinom, Asmarandana, dan Dangdanggula (disingkat jadi KSAD)
  • Sekar alit (pembagian lagunya sejenis) contoh Balakbak, Durma, Gambuh, Gurisa, Jurudemung, Lambang, Ladrang, Magatru, Maskumambang, Mijil, Pangkur, Pucung, jeung Wirangrong. Tiap Pupuh mempunyai patokan guru wilangan dan guru lagu serta tema.
Pupuh Sunda jumlahnya ada 17, berikut adalah Jenis Pupuh Sunda dan Contohnya :
Silakan Share ke media sosial :
 
-->