Ngamumule Budaya Sunda

Wisata Pantai Karang Paranje Garut

Pantai Karang Paranje merupakan sebuah tempat wisata di Garut yang terletak di kecamatan Cibalong Kabupaten Garut,Jawa Barat. Pantai ini berjarak 16 Km dari Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang, 14,4 Km dari Leuwung Sancang dan berjarak 97,3 KM dari Garut kota. Setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan normal dari Garut Kota untuk tiba di pantai ini.

Pantai Karang Paranje menawarkan keindahan pantai yang eksotis. Di pantai ini terdapat gugusan batu karang di tepi pantai serta hamparan pasir halus berwarna putih sepanjang mata memandang. Sore hari pengunjung bisa menikmati sunset dan pagi harinya bisa menikmati sunrise dengan sangat jelas. Di lingkungan ini juga terdapat banyak tanaman pandan bidur yang bisa dimanfaatkan daunnya untuk dijadiakan berbagai kerajinan anyaman oleh masyarakat sekitar. Terdapat juga potensi wisata seperti perahu, fotografi, berjemur dan macam-macam olahraga air.

Pantai Karang Paranje Garut
Pantai Karang Paranje Garut
Topografi
Pantai ini memiliki konfigurasi lahan datar dengan kemiringan yang landai serta stabilitas tanah dan daya serap tanah yang baik. Jenis material tanah pesisir pantai berupa pasir halus berwarna putih dan gugusan batu karang yang membantang di daerah pesisir pantai. Perairan pantai berwarna biru, dengan bau air dan temperatur yang normal, serta kemiringan dasar laut yang sedang. Pantai ini termasuk kedalam kategori pantai yang stabil karena tingkat abrasi yang kecil dan memiliki tinggi gelombang rata-rata sebesar 1-2 m. Rumput laut merupakan flora laut yang dominan, sedangkan fauna laut yang dominan adalah ikan kecil, kerang dan siput.

Pantai ini masih tergolong kedalam kategori pantai Garut selatan yang memiliki ombak besar. Apabila tidak pandai berenang dan tidak menguasai medan di pinggiran laut, jangan asal berengan di pantai ini karena resikonya bisa tertelan ombak. Lebih cocoknya tempt ini untuk bersantai dan berjalan - jalan pinggir pantai sambil menikmati pemandangannya yang sangat indah.

Kebersihan
Dari segi kebersihan, pantai ini tergolong sangat baik karena sama sekali belum tersentuh oleh pembangunan. Alhasil di pantai Karang Paranje ini tidak terdapat berbagai bentuk pencemaran seperti sampah, air, tanah maupun udara. Selain itu,pantai ini memiliki visabilitis bebas, dan tingkat kebisingan yang rendah.

Akomodasi
Di pantai ini belum terdapat fasilitas akomodasi. Apabila pengunjung ingin bermalam dapat menggunakan fasilitas penginapan terdekat yang letaknya berada di kecamatan pamengpeuk.

Silakan Share ke media sosial :
 
-->