Ngamumule Budaya Sunda

Beberapa Stadion Megah di Jawa Barat Bertaraf Internasional

Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga Sepakbola, di mana di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton. Stadion tertua yang paling terkenal di dunia adalah stadion di Olympia, Peloponnesos, Yunani yang telah menyelenggarakan Olimpiade Kuno sejak tahun 776 SM. Stadion modern seringkali mempunyai atap di tribun penonton, namun ada pula stadion yang tak beratap sama sekali maupun yang malah menutupi keseluruhan stadion (stadion berbentuk kubah, dome). Meskipun masih terdapat banyak stadion yang dirancang agar penontonnya berdiri, demi alasan keselamatan ada stadion-stadion yang kini telah memasang bangku bagi seluruh penontonnya. Di Indonesia, stadion terbesar adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, yang dapat menampung sekitar 88.306 penonton,diikuti Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang menampung sekitar 72.000 Penonton. Tahukah kamu, di Jawa Barat juga memiliki stadion yang populer salah satunya yang disebutkan tadi yanitu stadion Gelora Bandung lautan api, dan berikut adalah stadion - stadion di Jawa Barat yang bertaraf internasional.
1. Stadion Gelora Bandung Lautan Api
Stadion Gelora Bandung Lautan Api berada di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung atau tak jauh dari ruas Jalan Tol Cileunyi-Padalarang KM 151 dan Jalan By Pass Soekarno-Hatta Bandung. Nama stadion ini mulanya Stadion Gedebage karena berada di Gedebage Bandung, namun ada juga yang mengusulkan Stadion Rosada yaitu dari nama Walikota Bandung saat itu yang menggagas pembangunan stadion ini namun banyak orang yang kurang setuju. Kemudian pemkot Bandung mengadakan pengambilan suara dari masyarakat Bandung untuk mencari nama yang cocok untuk nama stadion yang bertaraf Internasional itu. Dan akhirnya nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) dipilih dengan semangat Bandung Lautan Api.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api
Stadion Gelora Bandung Lautan Api
Stadion dibangun dibekas cekungan danau purba Bandung setinggi 5 meter dari permukaan tanah seluas 24,5 hektare. Biaya pembangunan stadion ini berasal dari APBD Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat. Diperlukan dana sebesar 545 miliar rupiah untuk membangun stadion berkapasitas 38.000 tempat duduk tersebut. Stadion yang rencananya menjadi venue PON 2016 tersebut dirancang oleh PT Penta Architecture dengan kontraktor pembangunan berasal dari PT Adhi Karya. Gelora Bandung Lautan Api merupakan stadion terbesar di Jawa Barat. GBLA terdiri dari empat lantai dengan jumlah kapasitas kursi sebanyak 38.000 tempat duduk(single seat) dan tahan api bermerk Ferco. GBLA juga dilengkapi dengan 772 toilet, mushola yang tersedia di berbagai tempat, daya listrik sebesar 2285KVA, serta 300 meter kubik air.

GBLA juga dilengkapi big screen digital, control room, ruangan VVIP(corporate box) dengan kaca anti peluru serta landasan helikopter. Untuk permukaan lapangan, GBLA menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella (L.) Merr atau lazim disebut sebagai rumput Manila. Rumput jenis ini banyak digunakan di beberapa stadion di Asia dan cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia.

2. Stadion Si Jalak Harupat
Stadion yang awalnya homebase dari klub sepakbola Persikab Kab. Bandung, namun sekarang lebih sering dipakai Persib Bandung ini berada di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional dari Bojongsoang, Bandung yaitu Otto Iskandardinata. Kini stadion tersebut menjadi milik Pemerintah Kabupaten Bandung. Stadion ini dibangun mulai Januari 2003 pada saat Kabupaten Bandung dipimpin oleh bupati Obar Sobarna. Selanjutnya diresmikan pada hari jadi Kabupaten Bandung ke 364, tanggal 26 April 2005 oleh Agum Gumelar yang menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat. SStadion yang berkapasitas 45.000 kursi penonton ini merupaka Salah satu venue Piala AFF 2008 yang memiliki fasilitas penunjang berupa sarana komersial dan lansekap seluas 1,3 hektar. Stadion Si Jalak Harupat pada tahun 2011 lalu pernah mendapat verifikasi AFC dengan penilaian nyaris sempurna, karena tinggal sedikit lagi mendapatkan sertifikat A dari AFC.

Stadion Si Jalak Harupat
Stadion Si Jalak Harupat

3. Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi
Stadion kebanggaan warga Kab. Bekasi ini berlokasi di Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, merupakan stadion termegah di wilayah Kabupaten Bekasi dengan kapasitas tempat duduk 32.000 orang single seat, Electric board. Stadion Wibawa Mukti dibangun dengan biaya hingga Rp 530 miliar. Proses pembangunan meliputi seluruh bagian stadion termasuk melengkapi venue yang berada di lingkungan stadion tersebut, seperti atletik, dan sejumlah fasilitas lainya seperti gedung serbaguna dengan banprov Rp 20 miliar.

Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi
Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi

4. Stadion Pakansari Kabupaten Bogor
Stadion Pakansari Cibinong Bogor menjadi primadona baru di dunia sepak bola Indonesia. Stadion ini menjadi salah satu dari stadion megah di Jawa Barat dengan kapasitas penonton hingga 30.000 kursi. Dan kini jadi menjadi rebutan untuk menggelar laga kandang beberapa klub besar Indonesia. Pembangunan Pakansari sendiri memakai dana sebesar Rp 282 miliar yang berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jabar Rp 100 miliar dan APBD Pemerintah Kabupaten Bogor Rp50 miliar. Sisainya dari bantuan APBN secara bertahap. Stadion ini memiliki fasilitas berupa lapangan standar FIFA,media center, ruang VVIP dan lintasan atletik. Selain itu penonton yang menyaksikan dari tribun barat dan timur tak perlu khawatir akan musim hujan, karena seluruh tribunnya tertutup atap.

Stadion Pakansari Kabupaten Bogor
Stadion Pakansari Kabupaten Bogor

5. Stadion Patriot Kota Bekasi
Jika tadi Stadion Wibawa Mukti dari Kab. Bogor, sekarang dari kota sodaranya yaitu Kota Bogor yang memiliki Stadion Patriot. Stadion Bekasi pertama dibangun pada tahun 1980 dengan kapasitas hanya 5.000-10.000 penonton. Sejak tahun 2011 lalu stadion yang menjadi markas Klub Persipasi Bekasi tersebut mendapat sentuhan renovasi berupa proyek upgrade menjadi stadion bertaraf internasional.Proyek pembangunan stadion bertaraf internasional yang berdiri diatas lahan seluas 9,1 hektar tersebut dikerjakan dengan biaya sebesar Rp 450 miliar. Sumber dana pembangunan stadion sendiri berasal dari APBD Kota Bekasi dan bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara bertahap.

Stadion Patriot Kota Bekasi
Stadion Patriot Kota Bekasi

Anggaran tahap awal pembangunan Stadion Bekasi ini sebesar Rp 90 miliar, yang dipasok dari APBD Provinsi Jawa Barat Rp 50 miliar dan APBD Kota Bekasi Rp 40 miliar. Pembangunan tahap pertama Stadion Patriot sendiri telah selesai. Tribun yang megah disisi barat dan timur telah berdiri kokoh. Selanjutnya akan akan dilakukan pembangunan tahap kedua yang dianggarkan memakan biaya Rp 225 miliar. Pada fase ini akan dilakukan pembangunan tribun disisi utara dan selatan yang akan memakan waktu hingga 2 tahun. Jika proyek ini selesai, maka Stadion Patriot akan mengalami peningkatan kapasitasnya menjadi 30.000 penonton.

Rencananya Stadion Patriot akan memiliki tribun beratap yang terbuat dari jenis metal zincaline dengan kerangka space frame keliling seluas 20.000 meter persegi diatas tembok luar setinggi 18 meter. Selain itu stadion yang diresmikan bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-17 Kota Bekasi, 10 Maret 2014 lalu akan memiliki tribun VIP berkapasitas hingga 9.000 penonton dan gedung parkir yang dapat menampung ribuan kendaraan roda empat dan sepeda motor.

6. Stadion Galuh Kabupaten Ciamis
Penamaan Stadion Galuh Ciamis rupanya merupakan nostalgia masyarakat Ciamis kepada kejayaan raja Galuh. Sepertinya, masyarakat Ciamis ingin mempertahankan identitas mereka sendiri yang telah terpaksa diubah namanya. Penamaan sesuatu dengan nama “Galuh” dapat dikatakan sebagai bentuk perlawanan masyarakat Ciamis atas hak identitas mereka.

Stadion Galuh Ciamis
Stadion Galuh Kabupaten Ciamis
Stadion Galuh Ciamis bertaraf international yang memiliki kualitas rumput lapangan yang sangat baik dengan kapasitas penonton 16 ribu orang. Sebenarnya stadion Galuh Ciamis beberapa kali mengalami renovasi. Tak tanggungtanggung, anggaran sebesar Rp20 miliar lebih dihabiskan untuk memperbaharui Stadion Galuh. Renovasi dilakukan sejak sejak 2010 hingga sekarang. Secara bertahap dan akhirnya rampung pada tahun 2015. Menteri Pemuda Olahraha pernah terkagum-kagum dengan kondisi lapangan Stadion Galuh. Imam Nahrowi ketika itu tak menyangka di kota kecil seperti Ciamis ada stadion olahraga yang megah. Stadion Galuh Ciamis juga kerap dijadikan pertandingan penting ISL dan ISC seri B. Stadion Ciamis dijadikan home base PSGC Ciamis dan juga tempat pemusatan latihan dari klub Persib Bandung yang hampir setiap jeda musim Liga Indonesia selalu datang ke Kota Ciamis dan mengadakan pertandingan persahabatan dengan PSGC Ciamis.

Silakan Share ke media sosial :
 
-->