Ngamumule Budaya Sunda

Objek Wisata Curug 7 Cilember Bogor - Jawa Barat

Objek Wisata Curug 7 Cilember Bogor


Bogor merupakan salah satu tempat tujuan wisata populer di Jawa Barat, Bogor yang terkenal dengan wisata Puncaknya juga menyimpan banyak pesona alam. Di sana juga ada air terjun yang bernama Cilember, atau yang biasa disebut sebagai Curug Cilember. Cilember sendiri adalah kawasan wisata air terjun yang juga dikenal dengan nama Wana Wisata Curug Cilember. Cilember sendiri sebenarnya merupakan nama sebuah desa yang terletak di Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kawasan wisata air terjun ini akan menjadi kawasan wisata paling menantang bagi para pengunjung karena terdapat tujuh buah air terjun yang bisa dinikmati dalam satu kawasan sekaligus.

Curug 7 Cilember BogorPintu Masuk Curug 7 Cilember Bogor

Lokasi Curug 7 Cilember Bogor


Objek Wisata Curug Cilember berada di Jl. Raya Puncak KM. 15, Megamendung, Cisarua, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Curug ini berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, sehingga suhunya sangat sejuk dan cocok untuk menghabiskan waktu seharian. Selain itu ada banyak pepohonan hijau dan fasilitas wisata yang sangat lengkap. Sehingga pengunjung tidak perlu bingung mencari makanan atau akomodasi lain. Karena berada di kawasan Puncak, tentu saja lokasinya juga dekat dengan penginapan atau vila. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan, yaitu Cilember 1 hingga Cilember 7.

Curug 7 Cilember Bogor
Jalan Menuju Curug 7 Cilember


Curug yang berada di paling bawah dan dekat dengan loket masuk adalah Cilember 1, sedangkan yang paling tinggi adalah Cilember 7. Wisatawan harus melakukan perjalanan untuk mencapai curug yang paling atas, yaitu dengan berjalan kaki melewati jalanan setapak atau bebatian yang licin. Kondisi curug tersebut pun berbeda-beda sati sama lain. Cilember 1 bentuknya memanjang horizontal dan pendek. Cilember 2 bentuknya kebih tinggi dengan air yang lebar. Cilember 3 melebar di bagian bawah karena terpecah oleh bebatuan yang berundak di bawahnya. Cilember 4 memiliki dua air terjun yang berkumpul menjadi satu di bagian bawahnya. Cilember 5 berundak di tengah air terjun. Cilember 6 memiliki kemiringan, sehingga air terjun tidak lurus jatuh ke bawah. Sedangkan Cilember 7 air terjunnya sangat tinggi, ramping, dan airnya langsung jatuh ke bawah.

Harga Tiket Masuk Curug 7 Cilember


Harga Tiket Masuk Curug 7 Cilember - Rp. 6.000 per orang
Harga Tiket Parkir Mobil - Rp. 8.000
Harga Tiket Parkir Sepeda motor - Rp. 4.000
Harga Tiket Masuk Taman Konservasi Kupu Kupu - Rp. 5.000 per orang
Harga Penginapan Curug Cilember Rp. 700.000 - Rp. 900.000 per malam

Fasilitas Yang Ada di Curug 7 Cilember


Di kawasan wisata Cilember ini ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan, karena lokasi wisata ini memang sudah berkembang dengan sangat baik. Selain air terjun, di sana juga ada pondok kayu, taman kupu-kupu, kios wisata, taman keluarga, jungle tracking, flying fox dan juga camping ground.

Curug 7 Cilember Bogor
Tempat Camping di Curug Cilember


Harga Penginapan di Curug Cilember

Wisatawan yang ingin menginap di wisata tersebut akan dikenakan biaya parkir kendaraan tambahan sebesar Rp 8.000 per malam. Jika ingin menginap di sana bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menginap di pondok atau berkemah di camping ground. Wisatawan yang menginap di pondok akan diberikan fasilitas yang mewah. Ada sebuah pondok yang bisa digunakan untuk menginap. Pondok tersebut terbuat dari kayu dan bambu yang alami. Di dalamnya ada 3 kamar, dapur, tungku pemanas, dan juga water heater. Namun harga menginap cukup mahal, yaitu Rp 700.000 hingga Rp 900.000.

Sedangkan yang berkemah di camping ground akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 30.000. Wisatawan bisa membawa tenda sendiri. Bisa juga dengan menyewa perlengkapan campung yang harganya bervariasi, tergantung ukuran tenda. Untuk tenda kapasitas 2, petugas menyewakan dengan harga Rp 125.000 per malam. Sedangkan kapasitas yang lebih besar, ada harga Rp 250.000 (kapasitas 6) dan Rp 350.000 (kapasitas 10).

Demikian informasi mengenai Objek Wisata Curug 7 Cilember Bogor dengan harga tiket yang terjangkau, anda bisa menikmati liburan dengan fasilitas yang cukup kumplit dengan pemandangan dan suasana alam Bogor yang asri dan sejuk. *Untuk harga tiket masuk, penginapan, parkir dan lain lain bisa berubah sewaktu waktu.
Silakan Share ke media sosial :
 
-->