Ngamumule Budaya Sunda

Colenak Makanan Khas Bandung

Apa Itu Colenak?


Colenak adalah salah satu makanan khas Bandung yang juga dikenal dengan Tape Bakar, terbuat dari Peuyeum atau tape singkong yang dibakar kemudian cara penyajiannya dengan dicocolkan gula jawa cair yang sudah dicampur serutan kelapa. Colenak termasuk makanan yang cukup populer di Bandung sehingga tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang memiliki rasa yang khas tersebut.

Sejarah Singkat Colenak

Colenak pertamakali dikenalkan oleh seseorang bernama Aki Murdi pada tahun 1930, ia sering berjualan colenak di pinggir Jalan Ahmad Yani, Bandung. Awalnya makanan ini bernama peyeum digulaan, hingga ada seorang konsumen Aki Murdi mengusulkan nama Colenak, karena cara makannya dengan cara dicocol pakai gula dan rasanya enak, dari saat itulan makanan ini dinamakan Colenak. Saat ini bisnis Ki Murdi masih berjalan yang diteruskan oleh generasi ketiga dan dikenal dengan Colenak Murdi Putra.

Lihat Juga : Galendo Makanan Khas Ciamis

Colenak
Colenak


Cara Membuat Colenak


Cara Membuat Colenak relatif mudah, karena bahan bahan yang digunakan tidak terlalu banyak. Berikut ini resep membuat Colenak :

Bahan Bahan :

tape singkong
margarin
kelapa muda, diparut kasar

santan
gula merah
daun pandan
1/4 sendok teh garam

Cara Memasak :

1. Pipihkan tape singkong. Bakar sambil diolesi margarin di atas bara api sampai kecoklatan.
2. Saus: rebus santan, gula merah, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai larut.
3. Tambahkan kelapa muda. Aduk rata sampai kental.
4. Sajikan tape bersama sausnya.

Lagu Colenak

Kepopuleran Colenak membuat makanan satu ini dilantunkan menjadi kawih degung Sunda, juga menjadi nyanyian anak anak saat bermain. Salah satunya Lagu Colenak yang banyak dibawakan oleh penyanyi dan musisi pop Sunda. Klik disini untuk melihat Lagu Colenak :

Lirik Lagu Colenak (Dicocol Enak)

Demikian pembahasan kali ini tentang Colenak Makanan Khas Bandung, baca juga artikel kami tentang tempat wisata, seni, musik dan budaya di bawah ini :
Silakan Share ke media sosial :
 
-->