Ngamumule Budaya Sunda

Daftar Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

Tempat Wisata di Kabupaten Kuningan

Kabupaten Kuningan
Kuningan adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, jika dilihat dari letak geografisnya Kab. Kuningan Terletak di bagian timur Provinsi Jawa Barat berada pada jalur atau lintasan jalan regional yang menghubungkan Kota Cirebon dengan Wilayah Priangan Timur dengan jalan alternatif jalur tengah menghubungkan Bandung - Majalengka dengan Jawa Tengah. Kabupaten memiliki daerah perbatasan antara lain : Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Cirebon, sebelah timur dengan Kabupaten Berebes Jawa Tengah, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kab. Cilacap Jawa Tengah dan sebelah barat berbatasan dengan Kab. Majalengka.

Lihat Juga : Objek Wisata The Lodge Maribaya Bandung

Objek Wisata di Kabupaten Kuningan
Berbicara tentang objek wisata, Jawa Barat memiliki berbagai tempat wisata di setiap daerah seperti Bandung dengan wisata alamnya di daerah Lembang, Bogor yang terkenal dengan keindahan puncaknya, Garut, Sukabumi yang memiliki Geopark Ciletuh dan masih banyak lagi. Termasuk Kab. Kuningan juga memiliki berbagai tempat - tempat wisata yang tidak kalah indah dengan daerah lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang Daftar Tempat Wisata yang ada di Kabuppaten Kuningan Jawa Barat.

1. Curug Ciputri
Wisata alam pertama di Kuningan yang akan kita bahas adalah Curug Ciputri, Curug Ciputri yang berlokasi di kawasan bumi perkemahan Patulungan, tepatnya Kecamatan Cigugur, Kuningan. Panorama alam yang indah dengan dikelilingi pepohonan yang rindang membuat udara di tempat menjadi sejuk yang memberikan efek relaksasi, sangat nyaman untuk berwisata di sini bersama keluarga. Tempat wisata di Kuningan ini menyajikan pesona air terjun setinggi kurang lebih 20 meter. Airnya yang jernih dan segar berasal dari mata air di hutan Gunung Ciremai.

Curug Putri Kuningan
Curug Ciputri

2. Telaga Remis

Nama Telaga Remis diambil dari kata remis yang dalam bahasa daerah berarti sejenis kerang yang berwarna kuning dan hidup di area telaga. Tempat ini berlokasi di Desa Kaduela, pemandangan yang ditawarkan di sini adalah bentangan alam pepohonan berwarna hijau dan tenangnya air telaga. Tempat ini cocok sebagai tempat relaksasi karena suasananya tenang dan sejuk. Kesegaran udaranya juga menyehatkan badan yang sekian lama terkena polusi udara dari kota besar.

Telaga Remis Kuningan
Telaga Remis

3. Curug Sidomba

Curug Sidomba menjadi tempat wisata di Kuningan yang menawarkan keindahan alam air terjun di pegunungan. Lokasinya berada di kawasan bumi perkemahan Sidomba, tepatnya di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana. Air terjun yang ketinggiannya hanya sekitar 3 meter, namun lokasinya yang ada di daerah gunung ciremai membuat tmpat ini tidak kalah indah dengan tempat wisata lainnya. Untuk mencapai tempat wisata ini diperlukan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat kota Kuningan.

4. Waduk Darma
Tempat wisata alam lainnya adalah Waduk Darma yang menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara yang nyaman untuk dinikmati. Lokasinya tidak jauh dari Curug Bangkong, tepatnya di Jalan Raya Cirebon-Kuningan-Ciamis, Desa Jegara, Kecamatan Darma. Daya tarik dari tempat ini adalah kecantikan alam di sekitar waduk yang memiliki luas area 425 hektar. Tak hanya sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati panorama alam yang menenangkan, Waduk Darma juga bisa menjadi tempat tujuan camping.

5. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai memang identik sebagai tempat wisata di Kuningan yang menjadi destinasi bagi para pecinta alam. Gunung dengan ketinggian 3.080 mdpl ini menjadi gunung yang tertinggi di Jawa Barat. Pemandangan alam yang mempesona membuat tempat ini menjadi magnet untuk para pecinta alam untuk bercamping. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit, kecantikan bunga edelweiss, kawah, dan lainnya.

6. Taman Purbakala Cipari
Tidak hanya memiliki tepat wisata alam yang mempesona, Kuningan juga memiliki tempat wisata bersejarah juga menyimpan mitos yang masih dipercaya penduduk sekitar. Taman Purbakala Cipari yang merupakan sebuah peninggalan manusia prasejarah di masa Megalithikum. Objek wisata ini memberikan pengetahuan sejarah perkembangan peradaban manusia. Taman ini terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur. Tempat ini menjadi bukti peradaban manusia prasejarah di Kuningan. Di area seluas 6.364 meter persegi ditemukan beberapa benda peninggalan seperti tiga peti kubur batu yang berisi bekal kubur berupa kapak batu, gelang batu, dan gerabah. Di taman ini juga dapat ditemukan tanah lapang berbentuk lingkaran yang berdiameter sekitar enam meter yang dibatasi susunan batu sirap. Tempat ini disebut Batu Temu Gelang dan dipercaya sebagai tempat upacara yang berhubungan dengan arwah para leluhur, serta sebagai tempat bermusyawarah.

7. Lembah Cilengkrang
Lembah cilengkrang ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dan lokasinya berbatasan dengan Desa Pajambon, Kecamatan Kratamulya. Tempat ini menyajikan hamparan pemandangan yang masih asri dengan dataran lembah yang bisa dijadikan bumi perkemahan. Lembah Cilengkrang yang termasuk dalam satu kawasan Taman Nasional ini juga dapat menemukan air terjun yang biisa dijadikan tempat bermain air, lalu ada juga sumber mata air panas yang cocok untuk berendam dan mandi. Dengan lokasinya yang nyaman, tempat ini sangat cocok untuk menjadi tempat rekreasi bersama keluarga.

8. Gedung Perundingan Linggarjati
Perundingan Linggarjati menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda. Jika Anda penasaran dengan lokasi berlangsungnya perundingan bersejarah tersebut, datang saja ke Gedung Perundingan Linggarjati. Tempat bersejarah ini menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi guna mengenang masa-masa perjuangan dulu. Lokasinya berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus.

Demikian ulasan tentang Daftar Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat, masih banyak lagi tempat wisata lainnya di Kabupaten Kuningan untuk kali ini hanya membahas 8 tempat saja. Semoga artikel ini bisa membantu untuk kamu yang hendak berlibur bersama keluarga di Kuningan.
Silakan Share ke media sosial :
 
-->