Ngamumule Budaya Sunda

Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu - Ciamis

Objek Wisata Panjalu Ciamis
Situ Lengkong Panjalu merupakan salah satu kawasan Objek Wisata Religi di Ciamis yang dipadukan dengan kawasan cagar alam dan pemandangan yang sangat asri. Situ Lengkong sendiri terdiri dari sebuah danau yang berbentuk melingkar dan terdapat sebuah pulau tepat di tengah danau yang bernama Nusa Gede, dan salah satu adat kebudayaan seperti Upacara Nyangku di kawasan ini juga menajadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung. Disini pengunjung juga dapat dengan mudah menjumpai beberapa satwa liar seperti : Kalong (Pteropus Vampyrus), Biawak (Varanus Salvator) dan juga dapat ditemukan beberapa jenis burung seperti Burung Hantu (Otus scops), Elang (Haliastur Indus), Raja Udang (Halcion chlors) dan Walik (Treron Griccipilla).

Lihat Juga : Daftar Objek Wisata di Kuningan, Jawa Barat
Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu
Situ Lengkong Panjalu


Lokasi Objek Wisata Panjalu
Lokasi kawasan Situ Lengkong Panjalu ini terletak di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jika anda dari sebelah barat, terutama dari Bandung, berjarak sekitar 100 km, melalui Ciawi terus ke Panumbangan dan sampai di Panjalu. Sedangkan dari timur yaitu Ciamis, berjarak sekitar 30 km melalui Buniseuri, Kawali dan sampai Panjalu.

Tempat Yang Bisa dikunjungi
Potensi objek dan daya tarik wisata yang banyak diminati pengunjung ke daerah ini yaitu, objek wisata Situ, Pulau Nusa Gede, Hutan Primer dan Makam Kramat. Tujuan utama pengunjung ke kawasan ini yang paling dominan yaitu untuk berziarah ke makam kramat. Kawasan ini telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis sebagai objek wisata ziarah. Kearifan lokal yang terdapat dikawasan tidak menjadikan kawasan Cagar Alam terganggu atas kehadiran pengunjung di kawasan ini.

Fasilitas Yang Tersedia
Sebagai sebuah kawasan objek wisata, Situ Lengkong menyediakan beberapa fasilitas bagi para pengunjung berupa tempat parkir, sarana perbelanjaan cinderamata, sarana perahu menuju pulau Nusa Gede Situ Lengkong , MCK dan mesjid yang cukup besar.

Apa Saja Persiapan Wisata Ke Situ Lengkong
Tidak ada persiapan khusus ketika anda hendak berkunjung ke Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu, Ciamis - Jawa Barat. Namun begitu, anda akan membutuhkan baju hangat agar tidak kedinginan dimalam hari, dan sebaiknya tanki bahan bakar kendaraan diisi penuh karena anda akan kesulitan menemukan pomp bensin disekitar objek wisata Situ Lengkong. Jangan lupa, bawa serta sebuah kamera untuk merekam/ membidik keindahan alam disekitarnya, atau setidaknya tablet terbaru yang telah dilengkapi dengan kamera yang dapat diandalkan.

Anda juga dapat membaca artikel tentang sejarah Situ Lengkong di : Sejarah Situ Lengkong Panjalu Ciamis
Silakan Share ke media sosial :
 
-->